Mau Tau Rahasia Printer Awet ? Baca Selengkapnya Di sini

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Cara merawat Printer bisa kita lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa teknisis atau tukang service printer, karena langkah – langkahnya cukup simpel dan tidak membutuhkan pengetahuan khusus. Apa lagi untuk anda yang memiliki Printer jenis Ip2770 yang legendaris. Untuk kali pertama, Printer Solve akan sharing tentang langkah sederhana bagaimana cara merawat Printer Canon ip2770. So, anda yang kebetulan memiliki pritner ini dirumah, baca sampai abis jangan ada yang tersisa.

Sebelum kita masuk topik inti dari pembahasan kita kali ini, saya ingin mengajak anda sedikit memikirkan tentang printer ip2770. Sebuah printer merk Canon yang cukup simpel dan sederhana. Artinya tidak memiliki fitur lain selain sebagai alat cetak atau mesin printer. Rahasia dari printer ini adalah terletak di nyawanya yaitu cartridge. Untuk mekanik dan sistem kontrolnya saya rasa cukup kuat dan jarang terjadi kerusakan. Nah, mempelajari cara merawat printer canon ini tidak lepas dari bagaimana cara merawat catridge canon ip2770.

Cara merawat Printer Canon ip2770 agar awet & tahan lama

Baiklah, berikut ini ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan sebagai tindakan prefentif dan juga maintenance untuk membuat printer ip2770 kita tidak cepat rusak dan lebih awet.

1. Menggunakan Printer dengan cara yang benar

Sangat logis memang, apabila kita menggunakan sesuatu dengan cara yang benar, cenderung akan lebih awet ketimbang kita gunakan semau kita. Sama seperti printer ip2770. Tidak kita pungkiri memang printer ini cukup kuat dan memiliki sistem mekanisasi yang kompak. Namun apabila kita gunakan dengan cara yang tidak benar, lambat laun pasti akan cepat rusak. Oleh karena itu tips cara merawat printer canon ip2770 pertama adalah menggunakan printer secara benar.

cara merawat printer canon ip2770

Berikut ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan sebagai acuan atau peringatan bagaimana cara menggunakan printer ini dengan benar.

  • Gunakan Printer ip2770 sesuai dengan kemampuannya
  • Jangan paksakan printer bekerja terus menerus tanpa berhenti
  • Khusus untuk ip2770, istirahatkan printer kurang lebih 5 menit setiap cetak 30 halaman, kemudian bisa dilanjutkan lagi
  • Gunakan kertas sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi untuk seri ip2770

2. Perhatikan urusan tinta Printer

Printer Canon ip2770 kalau kita lihat merupakan jenis printer inkjet, yaitu sebuah printer yang menggunakan tinta cair. Tinta ini berbahan dasar pengencer berupa air. Cara merawat printer canon ip2770 berikutnya yaitu memperhatikan urusan tinta. Karena printer ini tidak bisa lepas dari tinta, dan permasalahan sepele dalam hal tinta ini bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.

Lalu, apa saja sih yang perlu kita perhatikan dari urusan tinta printer canon ip2770 ? Ada cukup banyak, namun setidaknya ada beberapa opsi berikut yang perlu anda perhatikan.

  • Usahakan tinta printer jangan sampai kosong terlalu lama, jadi segeralah isi ulang setelah anda ketahui tinta printer kosong, yang ditandai dengan hasil cetakan yang tipis atau kabur.
  • Untuk anda yang printer nya sudah dimodifikasi (infus) cara merawat printer canon ip2770 infus dalam urusan tinta juga sama yaitu, jangna sampai wadah tinta kosong. Karena hal ini akan menybabkan angin masuk ke dalam selang. Jika anda melihat tinta printer di kolom kecil habis, buka penututp tinta agar tinta pada kolom kecil terisi tinta.

    cara merawat printer canon ip2770

    belajarkomputer.org

  • Perhatikan sewaktu anda mengisi tinta printer, terutapa untuk cartridge warna, jangan sampai tinta tertukar. Perhatikan posisi kotak warna di dalam cartridge canon ip2770.cara merawat printer canon ip2770
  • Jangan gonta – ganti jenis tinta printer (kekentalan), umumnya ada dua macam jenis cair dan kental. Usahakan gunakan terus satu tipe saja.

3. Perhatikan kebersihan Printer

Kebersihan memang kerap kali menjadi sumber yang ditekankan dalam segala macam aspek kehidupan. Termasuk juga dalam cara merawat printer canon ip2770 agar awet dan tahan lama. Kebersihan menjadi hal yang cukup utama dalam urusan ini, namun seringkali disepelekan dan akhirnya printer menjadi kotor dan ini akan memicu kerusakan di beberapa bagian terutama cartridge. Itulah sebabnya merawat printer canon dengan baik sama saja dengan cara merawat catridge canon ip2770 karena nyawa dari printer ini terletak di komponen ini.

cara merawat printer canon ip2770

Baiklah, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan printer canon ip277o agar tidak mudah terkena debu yang akan menyebabkan kerusakan beberapa komponen printer. Berikut point pentingnya.

  • Letakkan printer di tempat yang tidak mudah debu masuk
  • Selalu tutup “cover” printerm canon ip2770 setelah menggunakannya caranya, angkat sisa kertas yang ada di paper feed kemudian tutup cover printer dan pastikan benar – benar tertutup.
  • Bersihkan kertas yang kusam apabila akan mencetak dengan printer tersebut
  • Bersihkan bagian luar printer dengan tisu, atau kanebo yang sedikit basah agar debu tidak terbang
  • Bungkuslah dengan plastik apabila anda berniat untuk menyimpan printer dalam waktu yang cukup lama.

4. Lakukan Maintenance (Cleaning) secara berkala

Cleaning yang dimaksudkan di sini bukan membersihkan seperti yang sudah kita bahas di point nomor 3. Namun lebih spesfik pada membersihkan cartridge di bagian head atau dalam istilah maintenanc printer disebut head cleaning tau cleaning printer. Tujuanya adalah untuk membersihkan sumbatan – sumbatan yang ada di mulut semprot juga berguna untuk memperlancar keluarnya tinta sehingga hasil cetakan menjadi bagus.

cara merawat printer canon ip2770

Oleh karena itu Maintenance atau “Head Cleaning” menjadi salah satu cara merawat printer canon ip2770 yang harus dilakukan. Terlebih lagi disaat kondisi cartridge sudah tua alias sudah lama. Biasanya proses keluarnya tinta sering tersendat. Namun perlu diperhatikan apabila printer anda dalam kondisi baru, jangan lakukan head cleaning terlalu sering.

Selain maintenance cleaning head cartridge, membersihkan yang komponen lainnya yang bisa dilakukan dengan software maintenance juga bisa anda lakukan seprti membersihkan roll, mengganti mode malam agar tarikan kertas tidak terlalu keras sehingga mekanik bisa awet.

5. Perhatikanlah cara menyimpan printer dalam waktu yang lama

Mungkin ada diantara anda yang mengalaminya, printer tidak pernah digunakan dan disimpan dalam waktu yang sangat lama. Padahal printer itu adalah printer baru, baru dipakai beberapa kali saja. Tetapi sewaktu akan menggunakan printer tiba – tiba tidak bisa mengeluarkan tinta. Ada juga yang tidak bisa dinyalakan sama sekali, dan masih banyak kerusakan lainnya yang terjadi.

cara merawat printer canon ip2770

Hal ini disebabkan karena tidak memperhatikan bagaimana cara menyimpan printer dalam waktu lama. Salah satu cara merawat catridge canon ip2770 agar awet dan tahan lama adalah memperhatikan bagaimana kita menyimpan printer dalam waktu yang lama. Berikut beberapa hal – hal yang perlu diperhatikan.

  • Carilah tempat yang cocok untuk printer anda disimpan
  • Bungkuslah dengan plastik dan masukkan lagi ke dalam kardus printer
  • Gunakan printer anda setip dua minggu sekali (minimal) sekedar hanya untuk mencetak satu atau dua halaman agar tinta printer tidak macet.

Nah itulah 5 langkah sederhana yang bisa anda coba dirumah bagi anda yang memiliki printer canon ip2770 khususnya dan untuk semua jenis printer pada umumnya. Saya rasa cara merawat printer canon ip2770 bisa juga anda terapkan untuk jenis printer merk atau tipe yang lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Yuk lanjut ke artikel berikutnya : Jenis – jenis printer dan fungsinya

Leave a Reply