Inilah Beberapa Jenis Printer Yang Banyak Dipakai Saat Ini

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak file dari komputer. Alat ini dibutuhkan pada berbagai keperluan baik keperluan rumah ataupun keperluan kantor sebagai mesin pencetak. Walaupun sudah memasuki era digital, tetapi, printer masih menjadi item yang dibutuhkan. Pada perkembangannya, printer hadir dalam beberapa jenis. Jenis jenis printer dan fungsinya memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya.

3 Jenis Printer Dan Fungsinya

Ada beberapa jenis printer yang umum digunakan. Masing-masing jenis printer memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti beberapa jenis printer berikut ini.

1. Printer dot matrix

jenis jenis printer dan fungsinya

Salah satu jenis printer yang pernah populer adalah dot matrix. Perangkat untuk mencetak yang menggunakan pita untuk menghasilkan titik-titik tinta ke media cetak. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sistem ketukan. Warna yang dihasilkan hanya hitam, merah, dan biru dengan sumber warna dari pita.

Berhubung menggunakan pita, jarang sekali semua warna bisa digunakan untuk satu output atau hasil cetakan. Jenis jenis printer dan fungsinya yang ada di pasaran memang beragam. Untuk dot matrix ini , lebih cocok digunakan untuk keperluan cetak dokumen yang sama namun dalam jumlah banyak. Biasanya bisa digunakan dengan kertas karbon untuk dokumen yang banyak.

Kelebihan dari printer ini adalah harga pita yang lebih murah dibandingkan dengan tinta. Jenis printer dan fungsinya dari dot matrix tidak jauh berbeda dengan yang lain. Namun untuk dot matrix ini sangat bisa diandalkan untuk cetak dokumen rangkap. Hanya saja resolusi dari hasil cetak printer dot matrix masih rendah. Selai itu proses cetaknya lambat dan warna yang kurang bervariasi. Epson LX310 merupakan salah satu contoh jenis printer dot matrix.

2. Printer laserjet

jenis jenis printer dan fungsinya

Jenis jenis printer dan fungsinya sebaiknya dipahami dengan benar, terutama untuk Anda yang ingin berbisnis di jasa percetakan. Salah satu jenis printer yang ada di pasaran adalah jenis laserjet. Cara kerja dari printer laser jet dalam mencetak dokumen adalah dengan sistem tinta bubuk atau toner dan perangkat infra merah.

Dibandingkan dengan jenis printer dot matrix, hasil cetak dari printer laser jet lebih bagus. Selain itu kecepatan cetaknya pun lebih tinggi dan bisa mencetak ke ukuran kertas yang besar. Printer laserjet dapat disebut sebagai mesin cetak paling cepat.

Jenis printer yang satu ini memang jarang digunakan di rumah. Printer laser jet lebih sering digunakan untuk industri atau tempat percetakan yang menuntut kerja cepat. Walaupun bisa diandalkan untuk mencetak banyak, printer dot matrix terkadang bermasalah seperti kertas terjepit, kertas keriting, dan garis hitam pada output cetak. Jenis printer laserjet yang bisa ditemukan di pasaran salah satunya adalah HP laser jet pro M12W.

3. Printer inkjet

jenis jenis printer dan fungsinya

Salah satu dari 3 jenis printer dan fungsinya adalah untuk printer ink jet yang berfungsi sebagai mesin cetak dengan sistem jet. Jenis printer yang banyak digunakan masyarakat ini memang memiliki kemampuan cetak yang bagus. Dapat digunakan untuk mencetak berbagai ukuran kertas. Jenis jenis printer dan fungsinya dari masing-masing tipe utamanya adalah untuk mencetak dokumen. Namun sekarang printer bisa berfungsi sebagai mesin cetak foto.

Sesuai perkembangan yang menghadirkan jenis printer inkjet dengan resolusi tinggi yang mencapai 5760 x 1440 dpi. Jenis printer yang satu ini termasuk yang paling modern. Beberapa tipe printer inkjet dapat mencetak langsung dari media card atau kamera. Salah satu printer inkjet adalah Canon Pixma MG2570S.

Tips penting : Ini dia rahasia Printer awet dan tahan lama 

Dari jenis jenis printer dan fungsinya di atas dapat diketahui, jika ada keunggulan dan kekurangan dari setiap jenis printer. Namun, untuk memilih printer dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Harga bukanlah tolak ukur utama. pilih printer berdasarkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan agar Anda dapat memilih printer yang tepat.

Leave a Reply